7:34 pm - Thursday April 17, 2014

Membina Hubungan Positif di Lingkungan Sosial Masyarakat Bagi Remaja

Sejak dini hidup bermasyarakat harus dikembangkan, sejak seseorang mengenal orang lain diluar dirinya sendiri, sejak usia kanak-kanak hingga dewasa, bahkan orang tua, hingga didalam masyarakat untuk pergaulannya selalu tidak lepas dalam bersosialisasi.

Dalam pergaulan ada dua kemungkinan diterima secara baik atau ditolak oleh kelompok, lingkungan, bahkan masyarakat luas. Ini sangat tergantung pada pribadi seseorang dalam menerapkan dirinya dalam pergaulan.

Inti dari pergaulan seseorang dalam masyarakat yaitu seseorang harus percaya diri, bahwa dirinya bisa membina hubungan baik dengan lingkungan sosial masyarakat sekitarnya. Dengan demikian seseorang tersebut bisa dipercaya dengan komunitasnya, jadi diperlukan juga pengendalian diri dengan memohon petunjuk dari Tuhan agar dalam bergaul dimasyarakat dapat memperoleh manfaat positif yang banyak untuk diri sendiri, masyarakat, dan lingkungannya, dengan demikian secara tidak langsung memperoleh nilai tambah secara timbal balik sehingga akan mendorong terciptanya suasana kondusif dan percaya diri. Penampilan seseorang juga sangat berpengaruh baik langsung maupun tidak langsung, baik secara bersikap, berpakaian, cara berjalan, cara bertutur kata dan berbicara baik dengan teman atau orang yang lebih tua harus bisa membedakan dengan siapa seseorang berbicara harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi. Sopan santun dan perilaku harus dijaga dengan baik terutama dalam komunikasi dengan orang yang lebih tua dan sensitif dengan penampilan seseorang.

Hubungan Positif

Mengapa remaja harus menyesuaikan diri dengan lingkungannya? Karena karakteristik, temperamen dan kepribadiannya masih lebih dan perlu diberikan pemahaman secara khusus, beradaptasi dengan lingkungan agar rela menerima kenyataan, setia dan jujur, sabar dan berbudi luhur, memperoleh alternatif lain yang ada di lingkungannya termasuk yang berhubungan dengan kekuasaan, pencintraan diri, dan yang hakiki yaitu martabatnya sebagai manusia.

Bila remaja ingin meraih sukses dalam lingkungannya, perlu menyesuaikan diri dengan baik dari aspek emosional, sosial, intelektual maupun aspek ekonomi. Remaja harus mandiri hidup dalam masyarakat.

Dalam hidup bermasyarakat, harus membina hubungan baik secara terus menerus supaya keberadaannya di dalam masyarakat diterima dengan baik. Jauhkan konflikĀ  yang biasanya muncul dari kesalahpahaman. Karena itu, sikap, ucapan, dan tindakannya harus dijiwai seseorang dan diterapkan dalam pergaulannya sehari-hari di masyarakat.

Hal- hal yang harus diperhatikan oleh remaja agar bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari antara lain:

1. Bijaksana

Selalu berucap dan bertindak untuk kebaikan dan kebenaran, menghindari rasa dendam.

2. Menghargai pendapat orang lain.

Bersikap dan bertindak positif terhadap lawan bicara, menghindari sikap sombong, menghindari kebiasaan memotong pembicaraan yang belum selesai.

3. Mawas diri

Bersikap dan berperilaku menggali informasi dalam diri sendiri dan menghindari sikap mencari kesalahan orang lain.

4. Pengabdian

Bergotong royong, menghindari sikap malas, sifat masa bodoh, dan apatis.

5. Percaya diri

Berperilaku atas dasar keselarasan dengan keseimbangan anatara kemampuan dengan apa yang akan dicapai, sehingga menumbuhkan keyakinan akan tercapai, tidak terpengaruh oleh ucapan maupun perbuatan orang lain, menghindari rendah diri dan sifat ketergantungan.

6. Sopan santun

Berperilaku sopan santun dalam mengemukakan pikiran secara lisan atau tulisan dalam pergaulan, menghindarkan diri dari perilaku yang tidak sopan.

7. Sikap hormat

Sikap hormat terhadap orang tua, pejabat, tokoh masyarakat dengan penuh kesadaran, hindari sikap meremehkan diri dari perilaku yang tidak sopan.

8. Semangat kebersamaan

Berupaya turun tangan dan sumbangsih saran pikiran atau bantuan materiil dalam setiap usaha kemasyarakatan yang positif, tidak berkhianat pada teman, sahabat, bangsa, dan tanah air.

9. Jujur

Satu kata dalam bersikap, bertutur kata, bertindak dalam menghadapi masalah, menyatakan yang benar bahwa itu benar dan salah bila memang salah.

10. Terbuka

Menerima saran dan kritik dari orang lain, menghindari sikap dan tindakan mau menang sendiri.



Artikel Terkait:
  1. Mencoba Berpikir Positif
  2. Media Sosial Pengaruhi Kepuasan Pengguna
  3. Masa Remaja dan Kenakalannya
  4. Kenakalan Remaja, Faktor Penyebab dan Tips Menghadapinya
  5. Menjadi Pribadi Unggul
Filed in: Artikel, Remaja

One Response to “Membina Hubungan Positif di Lingkungan Sosial Masyarakat Bagi Remaja”

  1. September 2, 2011 at 1:35 pm #

    pergaulan yg baik sangat d butuhkan…

Leave a Reply

*